Jumat, 18 Agustus 2017

Mengenali dan Mempersiapkan Generasi Multitalenta di Era Milenial

Ayah Bunda kita sekarang hidup di Era Milenial. Era dimana perkembangan teknologi yang begitu pesat dan tingkat persaingan antar individu yang begitu ketat.

Era ini menuntut generasi sekarang untuk lebih unggul.  Untuk menjadi pribadi yang berhasil di Era ini tidak cukup hanya mempunyai IQ yang tinggi yang biasanya diukur dengan nilai akademik yang tinggi. Di Era ini kita dituntut untuk mempunyai kecerdasan multitalenta supaya mampu bersaing dan menghasilkan karya yang berharga.

Apa kecerdasan multitalenta itu?. MenurutHoward Gardner, beliau adalah orang yang memperkenalkan teori Kognotif Multiple Intellegent, definisi cerdas adalah kemampuan dalam memecahkan masalah serta kemampuan berkarya dan menghasilkan sesuatu yang berharga. Dan DR. Howard Gardner menyatakan bahwa kecerdasan seseorang itu terdiri dari berbagai bentuk meliputi:

 1.  Musical  intelligence (kecerdasan dalam musik)
     Kemampuan mengekspresikan diri melalui musik
     Contoh : Musisi, Dj, Komposer, Penyanyi, dll
2. Bodily  kinesthetic  intelligence (kecerdasan gerak tubuh)
    Kemampuan menggunakan kecekatan tubuh
    Contoh: Atlet, Penari, Pemain Sirkus dll
3. Logical mathematical intelligence (kecerdasan logika dan angka)
    Kemampuan berhitung dan aritmatika
    Contoh: insinyur, guru/dosen mathematika, profesi yang berhubungan dengan teknik, angkasawan.
4. Visual spatial intelligence (kecerdasan gambar dan ruang)
    Kemampuan mengimajinasikan dan membayangkan sesuatu
    Contoh: arsitek, desain interior, desain dan tata kota, produk designer dll
5. Linguistic intelligence (kecerdasan bahasa)
    Kemampuan berekspresi secara verbal
    Contoh: Penyair, Penulis cerita, Penulis skenario, Satrawan,Penulis iklan, dll
6. Interpersonal intelligence (kecerdasan antarpribadi)
    Kemampuan berinteraksi dengan orang lain
    Contoh: Mc, Artis, Pelawak, Tenaga penjual, dll
7. Intrapersonal intillegence (kecerdasan intrapribadi)
    Kemampuan menganalisis diri sendiri
    Contoh: segala profesi yang berhubungan dengan strategi, politikus dan negarawan, Aktris, Aktor.
8. Natural intelligence (kecerdasan memahami alam)
   Kemampuan mengenal alam sekitar
   Contoh: Peneliti alam, Pengurus satwa, Dokterhewan, ahli tanman dan tumbuhan, dll


Pertanyaannya apakah saya,  Ayah Bunda sekalian sudah mempersiapkan anak kita  menjadi generasi  multitalenta?  Apakah kita sudah memberikan nutrisi, pola asuh dan stimulasi yang benar sehingga anak kita dapat tumbuh secara optimal dan dapat mengembangkan kecerdasan multitalentanya  sejak dini?. Atau kita masih belum tahu apa dan bagaimana nuitrisi, pola asuh, stimulasi yang seharusnya kita terapkan di era milenial ini, banyak juga diantara kita yang masih terjebak dengan pola asuh lama yang sebagian besar tentu sudah tidak relevan lagi digunakan di era ini. Jangan sampai pola asuh kita salah karena masa emas pembentukan kecerdasan, tumbuh kembang dan karakter anak tidak akan pernah kembali lagi.

Untuk itu pentingnya kita secara dini menginvestasikan waktu, tenaga, dana dan pikiran kita dimasa emas pembentukan generasi multitalenta yang disebut juga generasi platinum. Menjadi orang tua adalah tugas yang berat yang memerlukan pengetahuan dan kemampuan yang mumpuni sayangnya sekolah untuk menjadi orang tua cerdas itu tidak ada sehingga banyak orang tua yang kebingungan dengan informasi yang simpang siur tentang pengasuhan anak.

MORINAGA yang merupakan brand susu untuk generasi platinum keluaran Kalbe Nutritionals yang bekerjasama dengan Morinaga Milk Industri Co.Ltd   (Morinaga Jepang) memahami hal ini, bahwa pentingnya dukungan dan stimulasi dan peran orang tua dalam mengasah kecerdasan multitalenta anak sejak dini. MORINAGA juga  menyakini bahwa semua anak dilahirkan cerdas dan mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi generasi platinum yang multitalenta.


MORINAGA menyelenggarakan sebuah acara yang bertajuk  “Konferensi Ayah Bunda Platinum” yang merupakan fasilitas berupa seminar bagi orang tua mengenai konsep dan penerapan aktivitas stimulasi anak agar tumbuh menjadi generasi platinum yang multitalenta. Jelas Dwi Angraeni, Senior BrandManager Kalbe Nutritionals. Acara perdananya diadakan di Mall Kota  Kasablanka Lt.3 pada hari sabtu, tgl 6 Mei 2017 dan diikuti di beberapa kota besar lainnya.


Saya berkesempatan mengikuti acara ini di kota Tangerang, tgl 12 Agustus 2017, jam 10.00-15.00 WIB,  bertempat di Ballroom Hotel  Novotel  Tangerang.  “Konferensi Ayah Bunda Platinum”  persembahan MORINAGA ini merupakan sarana belajar bagi para orang tua mengenai nutrisi dan stimulasi serta mempraktekannya langsung berbagai aktivitas stimulasi anak. Saya banyak mendapatkan pengetahuan dari acara ini antara lain pengetahuan mengenai:

·         Nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang optimal
·         Parenting
·         Multiple Intelligence
·         Kecerdasan Multitalenta
·         Sesi Tanya jawab langsung dengan ahlinya
·         Banyaknya Booth booth yang menarik.
·         Doorprise hehehehe
·         Goody bag
·         Makan siang dan snack



Dan semuanya ini dapat ayah ibu dapatkan dengan mengikuti  acara ini dikota- kota terdekat Ayah Bunda. Berikut ini saya akan sedikit berbagi mengenai apa yang saya dapatkan selama mengikuti seminar “Konferensi Ayah Bunda Platinum” persembahan MORINAGA.

Konferensi Ayah Bunda Platinum

Suasana di luar Ballroom Novotel sebelum acara dimulai
Meja Registrasi Peserta

Pembawa acara untuk “Konferensi Ayah Bunda Platinum” di kota Tangerang adalah Irfan Hakim seorang Mc dan Komedian terkenal di Indonesia yang merupakan salah satu contoh seseorang yang mempunyai kecerdasan multitalenta yang berhasil.

Irfan Hakim 

Banyak yang beranggapan bahwa kecerdasan, tumbuh kembang dan karakter seseorang merupakan faktor keturunan (Nature), tidak sepenuhnya salah tetapi ada faktor pola asuh (Nuture) yang berupa nutrisi dan stimulasi yang juga mempengaruhi kecerdasan dan tumbuh kembang seseorang . Bila seseorang dengan faktor keturunan (Nature)  baik  tetapi faktor pola asuh (Nuture) tidak baik maka kecerdasan dan tumbuh kembangnya tidak akan optiomal begitu juga sebaliknya. 

Hal ini sudah dibuktikan oleh bangsa Jepang beberapa dekade yang lalu bangsa Jepang dikenal sebagai bangsa yang mempunyai perawakan kecil tetapi apa yang terjadi sekarang banyak bangsa jepang yang mempunyai perawakan tinggi besar ini merupakan bukti keberhasilan pola asuh bangsa Jepang  dalam mengoptimalkan faktor keturunan dengan faktor pola asuh yang benar.

Kita tidak bisa berbuat apa-apa untuk faktor Nature  tapi kita dapat mengoptimalkan dengan faktor  pola asuh (Nuture).  “ Konferensi Ayah Bunda Platinum”  memberika edukasi mengenai  Faktor Nuture ini yaitu Nutrisi dan Stimulasi.

Sesi 1 : Nutrisi

Edukasi mengenai faktor Nutrisi  dibawakan oleh DR.Dr Ahmad Suryawan, SPA(k) ketua Divisi tumbuh kembang anak dan remaja Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSUD DR. Soetomo/Fk Unair Surabaya dengan Tema  Mengungkap 4 faktor pembentuk Anak Multitalenta

DR.Dr. Ahmad Suryawan, SPA(k)

Faktor itu diibaratkan dengan perisai dengan 4 sisi yang merupakan simbol perlindungan tumbuh kembang si kecil terhadap faktor-faktor yang dapat merusak dan menghalangi optimalisasi tumbuh kembang si kecil. 4 faktor itu adalah:


Perisai Tumbuh Kembang

·         Perkembangan Otak
·         Sistem Ketahanan tubuh
·         Tumbuh kembang optimal
·         Kesehatan saluran Cerna

Perisai  pelindung ini harus dibentuk sejak awal didalam kandungan ibu dan diharapkan sudah kokoh terbentuk sebelum si kecil berusia 2 tahun, jika terlambat maka akan sangat sulit untuk mengejarnya. Untuk itu penting sekali bagi calon ibu untuk mempersiapkan dirinya menerima kehamilan, dengan memenuhi tubuhnya dengan asupan nutrisi yang penting  bagi kehamilan.

Kalbe Nutritional yang merupakan sebuah perusahaan makanan dan minuman kesehatan terkemuka  sangat memahami hal ini. Kalbe Nutritionals membantu para calon ibu, Ibu hamil dan Menyusui  untuk memenuhi kebutuhan nutrisi  selama masa kritis ini dengan mengeluarkan Brand Prenagen.

Brand susu Prenagen terdiri dari:
1.       Prenagen Emesis
2.       Prenagen mommy Emesis
3.       Prenagen  mommy
4.       Prenagen lactamom
5.       Prenagen juice

Di Konferensi Ayah bunda Platinum juga terdapat Booth Prenagen sehingga para calon bunda dan bunda  bisa mendapatkan informasi mengenai produk ini serta mencicipinya dan dapat membelinya dengan harga yang menarik.

Mari kita bahas satu persatu mengenai perisai pelindung tumbuh kembang si kecil:
1.       Perkembangan Otak
Untuk berkembang otak membutuhkan 2 faktor yaitu:
·         Nutrisi
Nutrisi  diperlukan untuk membentuk,memperbanyak dan mematangkan sel otak dan harus sejak dini dipenuhi. Apa saja nutrisi yang diperlukan untuk pembentukan otak, semua nutrisi dari makanan mendukung tetapi  yang lebih berperan adalah : Protein, asam lemak(DHA-AA), zat besi, iodium, zink, vitamin B, asam Folat, dan Kolin.

Penting bagi ibu untuk memenuhinya sebelum usia 2 tahun, karena sampai usia 2 tahun 80 % otak anak terbentuk. Asi merupakan Nutrisi terbaik bagi bayi baru lahir sampai usia 6 bulan tanpa dibutuhkan makanan maupun  minuman yang lain.  Asi mempunyai Nutrisi yang sangat lengkap dan selalu berubah sesuai tahap perkembangan si kecil.

Setelah usia 6 bulan asi dapat diberikan dengan makanan pendamping. Dan pemberian nutrisi yang baik harus terus diberikan selama masa pertumbuhannya. Rangkaian Susu Morinaga Child Kid PlatinumMoricare+Prodiges  dan Morinaga ChilSchool Platinum Morivcare+prodigies mengandung nutrisi yang sangat diperlukan untuk perkembangan otak diatas.

·         Stimulasi
Stimulasi berguna untuk menyambungkan sel sel otak semakin kompleks sambungan sel otaknya semakin cerdas, stimulasi juga memberika pengalama sensorik yg penting untuk perkembangan otak,  dan harus dilakukan sejak dini juga.Masa paling kompleks adalah saat anak beusia 2 tahun makanya jangan heran jika saat itu anak begitu sulitnya diatur.  Bagaimana cara menstimulasinya adalah dengan kegiatan interaktif sehari –hari. Dilakukan secara alami dan menyenangkan, serta harus sesuai dengan tahapan umurnya. Dikonferensi ini diajarkan bagaimana cara menstimulasi otak anak dengan benar dan sesuai dengan tahapan umurnya.



kondisi koneksi sel-sel otak anak


 2. Pertahanan Tubuh Ganda
·         Nutrisi
Saat dalam kandungan bayi dilindungi oleh antibodi dari ibunya, sampai setelah lahir  dan semakin berkurang dengan berjalannya waktu, dan semakin bertambah usia si kecil harus mampu membentuk antibodi sendiri. Asi sangat penting karena asi akan memicu tumbuhnya mikrobiota baik yang sangat penting untuk pembentukan zat antibodi untuk pembentukan sistem ketahanan tubuh.

Nutrisi yang mendukung pertahanan tubuh si kecil antara lain: karbohidrat, protein, lemak dioptimalkan dengan nutrisi asam amino (arginin, glutamine, histidin), Omega 3, Omega 6 Vitamin, Mineral, Pre-/probiotik

Uniknya sistem kekebalan ini harus berada pada takaran yang pas. Jika kurang anak akan gampang sakit, jika berlebihan maka sistem pertahanan tubuh terlalu sensitif terhadap faktor dari luar yang sebenarnya tidak terlalu berbahaya  bagi tubuh. Sistem pertahanan tubuh yang terlalu sensitif salah satu contohnya adalah timbulnya alergi pada anak. 

Di “Konferensi Ayah Bunda Platinum”  Morinaga juga ada Booth untuk mengecek alergi pada si kecil menarik sekali kan Ayah bunda.

·         Vaksinasi
Vaksinasi atau Imunisasi secara dini membuat tubuh anak mampu membentuk sel-sel antibodi secara mandiri yang dapat mengenali, mengingat, menyerang dan memusnahkan agen infeksi yang menyerang tubuhnya.

Tidaka ada alasan ayah bunda untuk menunda – nunda pemberian vaksin pada si kecil karena saat ini pun pemerintah telah menyediakan secara gratis di layanan kesehatan terdekat.


3. Tumbuh Kembang Optimal
Pertumbuhan adalah  bertambah banyak dan besarnya sel-sel tubuh yang bersifat kuantitatif dan dapat diukur. Contohnya bertambah tinggi, bertambah berat badan, bertambah besarnya lingkar kepala anak. Sedangkan perkembangan adalah bertambah sempurnanya fungsi organ tubuh, contoh anak mampu berjalan, memegang botol susu, memegang pensil, berlari.

Anak anak yang tumbuh kembangnya normal mempunyai ciri-ciri dengan bertambahnya  ukuran tubuh seiring dengan bertambahnya usia . Pertambahan ukuran tubuh itu harus secara proposional  antar 3 parameter yaitu pertambahan berat badan, pertambahan tinggi badan dan pertambahan lingkar kepala

Sedangkan perkembangan dapat diukur dengan semakin sempurnanya fungsi organ tubuh anak, contoh perkembangan motorik kasar dan halusnya, perkembangan ini perlu dilatih dan dipantau.

Pemberian Nutrisi yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan pertumbuhannya juga sangat penting pada masa ini. Jangan sampai salah memberika Nutrisi pada masa pertumbuhan dan perkembangan  karena akan mengganggu proses tumbuh kembang anak. Contoh terlalu dini memberikan makanan pandamping asi yaitu kurang dari 6 bulan akan mengakibatkan terganggunya pertumbuhan dan perkembangan saluran cerna si kecil dapat menyebabkan diare atau bahkan kesulitan buang air besar.

Jangan pernah membandingkan pertumbuhan dan perkembangan anak kita dengan orang lain karena ini bersifat individu, untuk mengetahuinya Ayah Bunda dapat memantaunya melalui KMS (Kartu Menuju Sehat) dan jika ada yang tidak sesuai segera mengkonsultasikan dengan Dokter Anak.

Masa paling kritis untuk pertumbuhan dan perkembangan anak adalah sampai anak usia 2 tahun. Jika ketahuan sejak dini gangguan perkembangan dan pertumbuhan anak akan dapat segera ditangani dan tidak akan mengganggu tubuh kembang selanjutnya kalau telat terdeteksi akan sangat sulit untuk mengejarnya.



4. Kesehatan Saluran Cerna

Perisai  keempat ini merupakan pondasi bagi tiga perisai sebelummya adalah saluran cerna.

Saluran cerna adalah organ yang mempunyai fungsi utama penyerapan nutrisi yang menjadi kebutuhan dasar kesehatan anak. Tidak hanya itu Saluran cerna juga menjadi pondasi bagi pertumbuhan yang lain:
·         Pondasi perisai tumbuh kembang optimum.
Saluran cerna yang baik dapat menyerap nutrisi yang dibutuhkan untuk anak tumbuh dan berkembang dengan baik.
·         Pondasi perisai ketahanan tubuh ganda
80 %  pembentukan sistem imunitas dan ketahanan anak terjadi disaluran cerna melalui mikrobiota saluran cerna yang memproduksi sel-sel antibodi dan sel-sel anti peradangan yang melindungi tubuh dari penyakit.
·         Pondasi perkembangan otak
Saluran cerna disebut sebagai otak kedua karena mikrobiota saluran cerna memproduksi berbagai neutransmiter yang digunakan otak sebagai substansi kelistrikan antar sel otak. Jika saluran cerna bagus kelistrikan sel otak juga bagus begitu juga sebaliknya.

Faktor yang mempengaruhi kesehatan saluran cerna adalah komposisi, distribusi dan kerja  mikrobiota yang ada didalamnya, sangat perlu untuk menjaga mikrobiota baik didalam saluran cerna. 

Perkembangan dan komposisi mikrobiota ini dipengaruhi sejak dini bahkan saat maih dalam kandungan. Faktor yang mempengaruhinya antara lain:
·         Kondisi psikologi ibu saat mengandung, ibu harus bahagia.
·         Cara seseorang dilahirkan. Kelahiran pervaginal dengan kelahiran melalui operasi cesar mempunyai komposisi mikrobiota yang berbeda.
·         Nutrisi diawal – awal kehidupan. Bayi yang mendapatkan Asi eksklusif selama 6 bulan mempunyai komposisi mikrobiota yang lebih baik.
·         Pemberian nutrisi yang tepat dan sesuai dengan perkembangan anak akan mendukung pertumbuhan mikrobiota baik disaluran cerna anak.
·         Konsumsi prebiotik dan probiotik
·         Penggunaan antibiotika, antibiotika dapat merusak komposisi mikrobiota dalam saluran cerna karena bukan hanya membunuh bakteri jahat namun juga bakteri baik.

Masa kritis pembentukan saluran cerna yang sehat dimulai dari dalam kandungan hingga anak usia dua tahun, setelah usia dua tahun komposisi mikrobiota didalam tubuh anak sudah tidak banyak mengalami perubahan.

Tanda –tanda saluran cerna baik adalah berfungsi dengan baik jarang atau tidak pernah ada gangguan buang air besar seperti diare dan konstipasi, pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang baik.


Sesi 2 : STIMULASI
EDUKASI STIMULASI, topik ini dibawakan dengan menarik dan meriah oleh Dr. Rose Mini, A. P., M.Psi,.

Sesi edukasi stimulasi 

Stimulasi berguna untuk merangsang dan menguatkan potensi kecerdasan multitalenta, tak hanya itu stimulasi juga melatih kecerdasan moral yang akan menyempurnakan kecerdasan multitalenta yang lain.  
Kecerdasan moral adalah kecerdasan untuk membedakan hal yang buruk dan yang baik. 

7 hal penting dalam kecerdasan moral:
  •         Empaty
  •          Hati Nurani
  •          Kontrol diri
  •          Menghargai
  •          Kebaikan
  •          Tenggang rasa
  •          Keadilan



Masa emas pembentukan kecerdasan multitalenta dan kecerdasan moral adalah sampai anak berusia 5 tahun. Bukan hal mudah untuk melatih kecerdasan ini sejak usia dini. Orang tua harus mempunyai pengetahuan tentang karakteristik pertumbuhan anak sehingga dapat memberikan stimulasi yang tepat.

Di ”Konferensi Ayah Bunda Platinum” ayah bunda akan diajarkan untuk mengenali karakteristik ini. Edukatif sekali kan ayah Bunda?

Stimulasi yang paling efektif digunakan dimasa ini adalah dengan bermain. Bermain merupakan kegiatan yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fisik, sosial, emosi, intelektual, dan spritual anak.

Bermain bukan sembarang bermain, bermain juga ada syaratnya antara lain:
  • ·         Dilakukan karena dorongan dari dalam anaknya sendiri bukan paksaan dari lingkungannya,
  • ·         Menyenangkan
  • ·         Flexible
  • ·         Menekankan pada proses bukan hasil
  • ·         Bebas sesuai pilihan anak
  • ·         Memiliki kualitas pura-pura

Bermain yang baik dan bermanfaat harus sesuai dengan tahap perkembangan kognitif anak, dan dapat dibedakan menjadi:
  • Bermain Fungsional
Dimainkan sejak anak lahir hingga usia 2 tahun. Ditandai dengan adanya gerakan pengulangan, manipulasi atau gerakan meniru. Fungsi permainan fungsional adalah untuk mengembangkan kemampuan otot dan fisik.

Contoh: Bayi main kincringan, merangkat mengejar mainan, menendang bola dll
  • Bermain Konstruktif


Untuk anak usia 2-3 tahun. Cirinya anak membuat sesuatu menggunakan material yang ada disekelilingnya.
Contoh: membangun menara menggunakan lego.
  •  Bermain Peran


Untuk anak usia 3-7 tahun, kemampuan anak untuk berpura-pura menjalani peran tertentu atau menjadikan suatu objek seakan akan menjadi benda yang lain.
Contoh: bermain pesawat-pesawatan dengan penggaris, main dokter-dokteran.
  • Bermain dengan peraturan


Untuk anak usia 7 tahun keatas, permainan ini ditandai dengan adanya peraturan yang harus ditaati.
Contoh: Main petak umpet, sepak bola dll

Kiat-kiat orang tua memfasilitasi anaknya dalam bermain:
  • · Disesuaikan dengan karakteristik dan tingkat perkembangan anak.
  • · Menyenangkan dan tidak terpaksa
  • · Permainan yang dapat mengembangkan potensi anak.
  • · Kreatif, tidak perlu beli dan harganya mahal, gunakan barang yang ada disekitar kita.
  • · Ada pembelajaran, ajak anak untuk berdiskusi. Ada interatif antar anak dan orang tua        jangan cuma dibelikan mainan terus ditinggal main HP ya Ayah bunda sekalian.
  • ·Mengasah imajinasi dan kreativitas mereka.

Wah senag sekali rasanya Morinaga peduli dengan perkembangan anak anak Indonesia menjadi generasi Multitalenta. Tidak hanya Produknya yang kita kenal di pasaran dengan merk Chil kid dan Chil school yang mempunyai Formula Platinum sehingga menghasilkan Susu platinum untuk generasi platinum.


komposisi susu Morinaga

 Tetapi juga komitmennya untuk terus berinovasi melalui MORINAGA RESEARCH CENTER JAPAN untuk menghasilkan Produk yang berkualitas.


Inovasi Unggulan

Juga saat ini melalui “ Konferensi Ayah Bunda Platinum”  yang akan terus mengedukasi Ayah Bunda dalam mempersiapkan generasi Platinum. Apa yang saya tulis ini tak seberapa dengan apa yang akan Ayah Bunda dapatkan kala secara langsung menghadiri acara ini, Ada sesi tanya jawab dengan ahlinya yang langsung dijawab apapun pertanyaannya, ada permainan yang dapat Ayah Bunda jadikan referensi. Ada berbagai Booth antara lain:
  • ·         Booth Prenagen
  • ·         Booth Susu Chil kid Chil School siap minum
  • ·         Booth Susu Chil kid dan Chil School dengan harga menarik
  • ·         Booth Cek Alergi
  • ·         Booth 30 hari Bermain
  • ·         Booth untuk foto foto
  • ·         Play groun yang pastinya akan membuat anak-anak kita senang.
  • ·         Booth Milna
Harapan dari acara ini untuk memberikan manfaat baik untuk orang tua, mengenai pentingnya sinergi antara nutrisi, stimulasi serta peran serta orang tua dalam mengembangkan Generasi Platinum yang Multitalenta. Hal ini sejalan dengan tanggung jawab sosial Kalbe Nutritionals, untuk mewujudkan Indonesia sehat menuju kehidupan yang lebih baik.



Ayah Bunda butuh informasi tentang Nutrisi dan Stimulasi, Ayah Bunda dapat langsung mengakses social media milik MORINAGA.


Facebook: Morinaga Platinum

Twitter    : @MorinagaID

Instagram:@morinagaplatinum


Jangan sampai ketinggalan ya Ayah Bunda karena masa emas tidak akan kembali lagi.
 ,













5 komentar:

  1. lengkap mbak, aku suka datang ke seminar parenting nya Morinaga juga.

    BalasHapus
  2. Iya Mbak, seneng datang jadi tambah pengetahuan biar makin afdol jadi mama.

    BalasHapus
  3. Asyik ya ini acara. Bagaimana ortu harus berpacu sama waktu untuk mendapatkan anak2 dengan kecerdasan platinum

    BalasHapus
  4. salam kenal mba Ruth...
    ternyata bermain itu ada syartnya jg ya supaya baik dan benar :)

    BalasHapus